Friday, October 13, 2006

Local Label ( Part 2 )

Prosound Vs Musica



Sepertinya sampai hari ini mama Ina belum bisa menepati janjinya untuk membuat album aransemen ulang dari lagu lagu lama beliau bersama Addie MS seperti yang mereka utarakan rencananya ini selepas konser 25 tahun ferbuary lalu.
Namun tiba tiba saja bulan September lalu, mama Ina muncul dengan satu single baru dari recording company yang baru pula.
Konon album ini seharusnya muncul pada saat konser akbar bulan febuary lalu, namun karna satu dan lain hal, album ini tertunda hingga bulan september kemarin.
Sebenarnya yang paling aku tunggu adalah re-mastering dari seluruh album mama Ina ini semenjak album pertama tahun 1981 lalu hingga sekarang, bukanlah album kompilasi yang isinya selalu dari itu ke itu saja, karena terus terang lagu indah mama Ina bukanlah lagu yang menjadi hits saja tetapi juga semua lagu lagu mama Ina adalah lagu lagu abadi yang selalu evergreen.
Jadi saya lebih memilih re-mastered ulang dari seluruh album beliau dari pada album kompilasi atau album aransemen ulang, soalnya takut malah emosi dari lagu itu jadi berkurang seperti yang pernah Harvey lakukan dulu di taun 2000 lalu dengan album kumpulan Hits yang diaransemen ulang oleh Andy Rianto.


Kehadiran album baru ini terasa kurang penting dan cenderung membosankan karena dialbum baru ini masih berisikan lagu lagu yang sama dari lagu lagu lama beliau sudah terlalu sering dibuat kompilasi di album album the best of Vina Panduwinata yang kebanyakan adalah illegal.
Mungkin istimewanya album ini adalah kualitas suaranya yang lebih baik dari album kompilasi yang pernah ada karena sudah di re-mastered. Jadi untuk para kolektor, album ini bisa menjadi alternative pengganti CD kompilasi lama yang kualitasnya rendah.
Sebenernya untuk saya pribadi, saya sangat prihatin untuk mama Ina.
Menurut aku mama Ina belum ada tandingannya untuk seorang mbah-nya Diva Penyanyi Wanita Indonesia. Tapi entah kenapa tidak ada satupun label Indonesia yang berani membuatkan re-mastering untuk semua album albumnya semenjak album pertama beliau?
Mama Ina akhirnya harus kalah oleh January Chisty yang telah dibuatkan Prosound re-mastered album albumnya sejak album kesatu dia. Padahal mama Ina jauh lebih pantas mndapatkan penghargaan itu.
Selain January Christy, Prosound juga telah memproduksi ulang album album Karimata dari album 1 sampai 3, meskipun hanya 3 album saja tapi itu sangat berarti buat saya karna akhirnya saya bisa menikmati lagu classic Indo dengan kualitas yang sangat bagus dan dalam format CD.


Sekali lagi terima kasih untuk Prosound yang mungkin satu satunya label yang paling sering membuat CD mastering lagu lagu classic Indo dan untuk kedepan saya sangat berharap Prosound mau mambuat CD untuk duo penyanyi wanita fenomenal di taun 80`an dulu, yaitu: “Lidya dan Imaniar”.
Ada kemiripan musik antara album Vina tempo dulu dengan album Lidya Imaniar (yang hanya 2 album saja) ini.
Karena musisi dan pencipta lagunya pun kebanyakan adalah musisi dan pencipta lagu yang menggarap album album Vina juga. Jadi aku sangat sangat menyukai semua lagu lagu mereka.


Saking fenomenalnya duo ini, ada beberapa lagu mereka yang diciptakan Randi Anwar sampai 3 kali didaur ulang oleh penyanyi lain yang berbeda genre.
Masih inget dong gengan lagu "Prahara Cinta" ?
Lagu itu kemudian dinyanyikan ulang oleh Hedy Yunus, kemudian Shelomita dan yang terakhir adalah Rako Prijanto di album OST film Arisan. Hebatkan??
Selain lagu itu,Randi Anwar pun punya hit yang dibawakan mama Ina yang judulnya : ”Dia”, yang juga pernah dibuat 3 versi artis berbeda selain Vina yaitu: Sheila Majid, Reza dan yang terakhir adalah Danar di album Indonesian Idol 2.
Belum lagi lagu Lidya Imaniar lainnya juga pernah beberapa kali dinyanyikan penyanyi lain, yaitu: “ Ironi” yang pernah dinyanyikan Molucas dan Helena dari Indonesian Idol 1, buah karya Kang Dodo dan James F. Sundah.
Hmmm… jadi siapa yang paling fenomenal nih? Mama Ina..? Lidya & Imaniar, Randi Anwar atau tetep kang Dodo?
Tapi yang jelas mudah mudahan saja Prosound jeli untuk segera membuat Re-mastering album album mereka ini.
Karna sepertinya tanpa harus aku "komporin" juga mungkin Prosound sudah punya rencana itu… Amien….


Balik lagu ke Album Kompilasi mama ini yang baru ini, ada yang janggal dari album baru produksi Musica ini, beberapa sumber menjelaskan Musica telah membeli semua lisensi dari seluruh lagu lagu Vina milik recording lain, tapi kenapa justru lagu lagu Vina yang produksi Musica tidak disertakan dalam album ini.
(For your info, Vina pernah membuat kurang lebih 5 buah single kolaborasi bersama artis lain dari Musica secara duet atau single solo).
Diantaranya adalah album Pagelaran Guruh Soekarno Putra III, album Jockie Suryo Prayogo, album Pop Song XI 1983 (Salamku Untuknya), Album kompilasi duet bersama Iwan fals dan album “Sendiri” milik Chrisye.
Kalo menurut aku jika tujuan album baru vina ini adalah untuk tujuan komersial, sebaiknya Musica memilih lagu lagu dari 5 single Vina milik Musica sendiri yang saya sebut diatas tadi, karena single itu sangatlah sulit didapat dipasaran sehingga semua penggemar Vina pasti berbondong bondong memburu lagu lagu itu, kecuali lagu duet bersama Chrisye dialbum “Sendiri” itu sudah ada bentuk re-masterednya 2 tahun lalu. Tetapi anehnya Musica malah memasukan lagi lagu tersebut dialbum ini.. "kan bosan jadinya!", dan ujung ujungnya fans mama Ina jadi Jenuh dengan lagu yang itu itu saja. Kan jadi Mubajir tuh bikin album baru nya…? Orang jadi males deh belinya, wong isinya udah ada semua.
Makanya tujuan saya menulis ini adalah supaya Musica mau membeli semua album Vina untuk dibuatkan Re-mastered seperti halnya Musica telah membuat re-mastered untuk seluruh album Chrisye.

Salute to Musica…

Ayo label label local… berlomba lah untuk bisa membeli seluruh master album Vina. Karna beliau memang layak untuk itu…
Atau Jackson Record sendiri yang akan membuatnya??

Will anybody hear me…?

7 comments:

Anonymous said...

apa bener album2 january christy udah diremastered? dari album melayang.aku ini punya siapa..mana dan putih?
jgn bikin aku "becek" krn orgasme

bisa beli dimana?

tolong dong jawab yach di email aku di tjeuw@hotmail.com

kalo bisa aku titip pesen beli dehh jadi aku gak keabisan hehehe..soalnya january christy ini emang GELO..suaranya..hehee..pokoknya bisa menyentuh 'G-spot' jiwaku geetoo

Anonymous said...

aku rasa album ini khan dipilih sendiri oleh mama ina? jadi jelas bukan campur tangan dari label musica?
jelas dong?

di tunggu sekaleee SEMUA album langka VINA P...aku udah bosen denger mp3 seluruh album lagu mama ina dng kualitas kaset !

jadi please please cuplis...
remaster dong semua album VINA dari awal ampe akhir..dijamin aku beli cd orinya

love
anton

Anonymous said...

Wow..thx banget yah udah posting topic Vina
aku sependapat banget ama kamu,mestinya sih emang album2nya Vina diremastered semua, dan lagu yg paling aku cari adalah "Aji Mumpung", "Bunga Cinta' dan "Salamku Untuknya", di album The Best Vina yg manapun gak ada lagu2 itu!
Apa masternya dah musnah yah?
Tapi kalo yg "Tamu Istimewa" aku masih ada copy CD-nya (transferan dari kaset sih)

Anonymous said...

wah thx banget udah posting Vina di sini
aku setuju banget kalau semua album2nya dire-mastered dalam format CD
kayanya Vina udah pantes banget dapet penghargaan macam ini
Lagu yg paling aku cari "Aji Mumpung", "Salamku Untuknya" dan "Bunga Cinta" yg gak ada di CD The Best-nya yg manapun!!
Kalau yg mbak Vina bilang "Bawa Daku" sih aku udah ada CD albumnya
Lagu "Tamu Istimewa" juga kalo ada yg master originalnya mau, walaupun aku dah punya copy CD-nya (transferan dari kaset sih...)
btw "Bojoku" Anggun kan satu album ama Tamu Istimewa?
yg liriknya gini ya "..gini-gini ku masih laku,bagaikan ratu,di mata bojoku..."

thx
wilson.hans@gmail.com

anuneano said...

Terima Kasih buat semua yang udah baca blog ini dan kasih komen yang seru seru banget!! Jadi ternyata kita semua sama pengen banget Mama Ina bikin remaster semua album beliau termasuk single2 beliau ang sudah sangat langka itu.
Semua rata rata setuju kayaknya kalau "Salamku Untuknya" adalah single ang paling banyak diminati buat di-remastered
Tapi kalian pada inget ga sama single ciptaan Suty Karno :"Sapa Pertiwi"
itu juga oke lho!!

Anonymous said...

kenapa album vina ga di remaster karena perusahaan rekaman vina dulu jackson record sudah bubar dan pemiliknya meninggal dunia. semua koleksi dijual ke musica. mungkin krn bukan artis musica jadi pemilik musica juga kurang tertarik utk re master album vina. tapi kaset vina pernah dirilis ulang kok sama musica. sama persis mulai album citra biru sampe citra ceria. kira kira th 2000-an bersamaan dgn munculnya rekaman vina yg cuma sebentar terus ditarik krn kemasannya ancur

Anonymous said...

ya banyak single vina ga jelas kemana terutama yg festival festival gitu. rajin aja liat ke loakan. gw pernah dapet loakan album lclr yg ada sapa pertiwi. dah gitu ada album lagu perjuangan yg sama harvey itu.

yg susah dicari salamku untuknya dan alam asa.