Friday, September 09, 2005

Audio VS Video

Audio Vs Video

Lumayan nih ada tips dari aku buat yang mau pada cari DVD or Audio player nih.
Bukannya sok tau tapi karna kebeneran semuanya dari pengalaman aku yang lumayan bosenan dan sering banget gonta ganti soal barang elektronik jadi aku lumayan tau kualitas dari merk satu dengan merk lainnya. Biasanya merk yang unggul di features nya belum tentu unggul dikualitas barangnya. Tapi dari merk yang pernah aku coba, kebanyakan hanya merk dari Jepang dan korea saja (untuk yang memakai video Disc, tapi untuk audio aku pernah juga pake produk eropa.
Umumnya produk dari Samsung lebih mengandalkan features tapi untuk tidak untuk “kekuatan”. Semua features terbaru dari merk2 elektronik tercanggih,pasti Samsung selalu bisa meniru dan biasanya lebih laku karna kemasan dan harga yang jauh lebih menarik. Tapi maaf… mungkin akan kecewa kalo kalian biasa menggunakan produk Sony. Dari tampilan dan features Sony memang kalah. Contohnya untuk Hi-fi Sony. Biasanya features hi-fi Sony yang ber-PMPO kecil (dibawah 2000W) features nya sangat standar. Malahan kita samasekali tidak bisa meng-adjust equalizer secara manual seperti yang kita inginkan. Semuanya terprogram jadi sangat lah kurang ‘apdol’ karna kualitas suara tiap CD yang kita denger kan ga selalu sama,makanya menurut aku perlu banget equalizer yang bisa di-adjust biar pas dikuping kita (tapi kalo menurut kalian ga penting buat di adjust sih mungkin feature ini ga penting).
Umumnya sekarang semua produk pemutar audio video digital sudah menggabung semua jenis format terbaru dari audio dan video. Kalo dulu format audio MP3 hanya sebuah program computer saja, sekarang sudah bisa di burn dalam bentuk CD dan banyak dijual(illegaly) di pinggir jalan dan bisa langsung diputar di player biasa tanpa menggunakan computer lagi. Belum lagi format laser disc sekarang sudah ditinggalkan karna DVD kualitas nya lebih bagus dan jauh lebih murah dan lebih compact.
The problem is… Ga semua orang ternyata “happy” dengan player yang serba lengkap seperti sekarang ini. Setelah saya banyak lacur sana sini dengan berbagai merk ternyata cuman SONY yang paling bandel dan bikin puas, mulai dari suara, reading data, dan kecepatan loadingnya, SONY paling unggul dan daya tahan optic-nya lebih lama. Akhirnya karna sekarang SONY sudah mempunyai player yang lengkap itu( Dulu SONY tidak mengeluarkan player MP3) beberapa bulan lalu saya putusin untuk mengganti Player lama saya dengan satu player saja yang multi fungsi yang bisa membaca format JPG,MP3,DVD,VCD dan CD sehingga sangat memudahkan. Dan tidak tanggung tangung untuk pertama kalinya saya spent untuk urusan kuping yang begitu mahalnya karna saya sudah percaya dan jadi fanatik dengan merk ini. Akhirnya saya putusin sekalian saja ambil yang menurut aku adalah yang paling pas dg PMPO hampir 6000W dan 5 speakers yg menggunakan system home theatre. Tapi kenapa saya malah sama sekali tidak “happy” dengan player yang ada sekarang ini? Ternyata player lengkap ini memiliki banyak sekali kekurangan dibanding dg player audio CD saja. Features baru dan canggih memang banyak tapi ternyata optic laser DVD tidak terlalu tajam untuk membaca format CD audio. Walau kecepatan loading nya tetap secepat CD player, tapi kurang bagus untuk digunakan di-program percepatan, karena tidak bisa bersuara seperti di player CD audio walaupun counter nya tetap berjalan. Kualitas suara untuk DVD nya memang sangat optimal dan menggelegar, tapi speakers surround dan Center tidak bagus untuk mendengarkan CD audio, jadi mesti selalu di adjust lagi kalo untuk mendengarkan CD audio.Jadi kalo kalian lebih suka mendengarkan Audio lebih baik jangan membeli player yang sudah digabung dg VCD,MP3 dan DVD karna akan sangat terganggu, kecuali kalo kalian tidak terlalu rewel dan tidak mementingkan detail yang terlalu tidak penting pasti akan sangat Happy dengan kecanggihan yang ada sekarang. Kadang DVD player (walaupun tidak sering)bisa terjadi skipping saat membaca CD audio dan itu kadang mengganggu sekali padahal CD yang aku putar adalah CD original. Buat saya ini adalah kesalahan.Karna aku sangat sangat perfectionist kalo soal dengerin CD. Ada miss sedikit saja pasti aku suka kesel! Aku sempet kepikir mau aku ganti aja player ini dengan player audio saja, tapi ternyata setelah aku tanya sekarang sudah tidak ada hi-fi yang hanya memiliki CD player saja. Semuanya sekarang sudah berupa DVD multi player,huuuuhhhh.... Akhirnya saya baru sadar sebenernya saya tidak begitu memerlukan video dan seharusnya perangkat audio lah yang seharusnya saya cari…
Tapi buat kamu yang memang lebih suka nonton mungkin DVD dari sony bisa bikin kamu ‘happy’ karna memang merk ini menurut saya yang highly recommended.
Yah… sudah lah… toh masih bisa dipakai, dan mungkin malah memudahkan saya kalo untuk nonton DVD, jadi tidak harus pake 2 player lagi…
Jadi tetep… Coba dulu sebelum membeli… Heheheh…

1 comment:

dwaintheobold1662 said...

i thought your blog was cool and i think you may like this cool Website. now just Click Here