Saturday, July 23, 2005

Nonton VS Baca

Gie2

Nasib terbaik adalah tidak dilahirkan, yang kedua dilahirkan tapi mati muda, dan yang tersial adalah umur tua. Bahagialah mereka yang mati muda…

Aku dengar kata-kata itu diakhir film ini. Agak ga ngerti sih awalnya tapi setelah aku simak lagi kata2 itu, baru agak kegambar juga. Mungkin ada sedikit kekecewaan tentang hidup di zaman itu kali yah? Dan emang ada benernya juga, dari pada idup dimasa yang ga jelas gitu. Sebelum ada film ini aku sama sekali ga tau siapa sih Soe Hok Gie itu? Maklum aku allergic sama yang namanya “baca” dan believe it or not nilai sejarahku selalu dibawah 6 dan itu terukir di ijasah SMA saya yang akan saya bawa sampe kapanpun! Kebayang dong di ijasah ada nilai 5-nya!

Setelah nonton film ini aku jadi inget ama “Bear” (temenku yang aku yg super duper smart itu). Dia orang yang suka banget sejarah, suka banget baca. Ah pokoknya banyak lah yang bikin aku kagum karna semua kebiasaan dia adalah kebalikan kebiasaan aku. Jadi seru kalo ngobrol ama dia , kayak aku lg dengerin ensiklopedia. Hehehe… Coba aku bisa denger komen dia ttg film ini, dia pasti semangat banget deh nyeritainnya. Sayang dah lama bgt aku lost contact ama dia.

Yang bikin aku pengen nonton film ini pertamanya cuman karna penasaran seperti apa sih film yang biaya produksinya mahal banget ini…. Mungkin ini termasuk film Indonesia termahal setelah G 30 S PKI, yang waktu SD dulu kita dipaksa harus nonton film ini, karna katanya ini film sejarah yang wajib ditonton. Padahal setelah kita gede isinya gak laen semuanya adalah “bohong besar!”. Kalo ngedenger biaya produksi film ini yang nyampe 7 miliar itu, Aku sempet penasaran se- spekta apa sih film ini? Mungkin mahal karna setting nya yang agak susah. Mulai dari mencari gedung tua, mobil2 tua keluaran taun 50-60an, becak, motor sampe bus dan truk taun segitu yang masih layak pake ada disini. Seru juga nontonnya. Jadi ada sedikit gambaran seperti apa sih Indonesia di taun segitu. Cuman sayang setting nya hanya dari situ kesitu saja . Jadi sempet bosen juga ngeliat toko sentra dan pasar pinggiran disekitarnya itu terlalu banyak dijadikan tempat pengambilan gambar mulai dari dia pergi sekolah, pulang sekolah, beli Koran, ketemu temen, sampe ketemu ibunya pun memakai setting dan tempat yang sama. Bagus memang semua terasa sekali sangat taun 60an. Cuman pasti aja banyak sekali kekurangannya. Ada yang sangat terasa banget ngeganggu. Padahal Kota itu dibuat sedemikian rupa agar terlihat seperti keadaan pada taun segitu, tetapi mereka lupa kalo bentuk trotoar dan pavin block-nya itu sangat taun 90an sekali. Masak taun segitu udah ada pavin block bentuk gitu? Padahal tempat itu sangat banyak sekali digunakan. Belum lagi potongannya banyak banget dan mixing dari satu roll film ke roll film berikutnya sangat keliatan banget, karna dikasih goresan(untuk tanda mixing) yang kelewat besar yang sangat annoying banget di layar dan lumayan besar dan jelas terlihat sehingga aku bisa prediksi pas mau pindah ke roll berikutnya tinggal ngitung aja… 1,2,3… langsung deh mindah projectornya. (Ayangku sampe heran kok bisa aku nebak kapan projectornya bakal mindah?? Hehehe ,Gue…gitu loh..!)

Itulah sayangnya film2 di kita. Padahal film ini ga gampang bikinnya. Durasi asli film ini aja 4 jam lebih!! Tapi kenapa harus dipotong sampe hanya 2 jam 27 menit saja?? Itu kan mubazir?Ngapain kalian bikin film bagus dan panjang kalo akhirnya kalian buang sendiri hasil karya kalian itu?? Sumpah aku pengen banget ngeliat film itu secara utuh… Maklum aku ga pernah suka baca. Jadi nonton mungkin bisa nambah wawasan sejarah juga buat aku. Mungkin satu2nya jalan aku harus tetep baca ttg Soe Hok Gie ini. Tapi kalo pengen pinter itu ga harus baca aja kan?? Hehehe keukeuh ga mau baca!! Atau mungkin My Bear mau bantu ceritain siapa dia dan apa sih yang dia achieve selama dia hidup, trus kenapa dia mati. Hehehe Padahal di blogs kamu dah kasih alamat website segala kan? Dia mati karna gas beracun waktu naek gunung itu ? Trus dia pernah ke luar negri itu blajar apa dia disana? Maklum di film ga di certain saking banyaknya potongan, Bear.. Dasar aku nya aja yang males baca webnya itu… Hehehe!

Ternyata beda yah nonton ama baca itu…

No comments: