Friday, July 07, 2006

In Memoriam

Till We Meet Again

Gosh… It`s been 3 months since my last blog! dan aku takut account-ku di web ini diapus lagi! Kan ga bisa nyela nyela lagi… He.. he.. he.. Emang agak males lagi nih ngisi blog ini gara gara internet connectionnya udah limited banget disini. Cuman saking kangennya aku sama “si Bule” dan biar bisa aku pandangin terus fotonya jadinya aku masukin aja fotonya disini.



Semenjak pindah ke rumah yang sekarang ini aku tempatin, baru kali ini ada kucing yang beranak pinak dan besar disini. Karna biasanya kucingku disini biasanya rata rata jantan. Sejak kecil aku terbiasa punya piaraan dan kucing adalah yang paling lama setelah burung, kelinci dan ikan. Jumlah kucing yang aku punya bisa sekaligus 20 ekor. Rumah lamaku lumayan punya halaman belakang yang besar jadi jumlah sebanyak itu tidaklah terlalu merepotkan. Namun setelah bapakku meninggal, kita terpaksa harus ninggalin rumah itu dan pindah ke rumah yang tidak sebesar rumah kita yang dulu. Makanya aku tidak bisa lagi punya banyak kucing seperti dulu. Paling banyak sekarang aku hanya bisa nampung sekitar 7 ekor saja.




Kucing terlama dirumahku yang sekarang adalah “si Macho”, aku rasa dia turunan kucing import tapi aku gak tau jenisnya apa, “secara” bulunya memang agak panjang tapi ekornya agak pendek, jadi gak mungkin turunan Angora kan?
Nah dari “si Macho” inilah muncul kucing kucing lain turunannya langsung.



Aku masih inget banget kapan pertama kali anak anak “si Macho” ini lahir dan ngeong ngeong dari kamar kosong sebelah kamarku.
Aku seneng banget, aku langsung aku cari di semua sudut kamar tapi ternyata “si Yelli” (induk anak anak kucing baru ini) udah punya tempat strategis sendiri buat ngelahirin, yaitu di dalem lemari pakaianku yang emang udah lama ga dipake. Jumlah anaknya ada 4ekor, dua betina warnanya persis sama dengan “si Macho” dan yang dua lagi jantan, anak kucing jantan yang satu warna kuning Garfield dengan tone yang langka dan warna kuningnya pun lebih gelap dari warna kucing berjenis warna ini, dia aku kasi nama “Brownies” dan yang terakhir warna nya pun cukup aneh. Warna dominannya adalah putih tapi ada spot kuning pudar didaerah kepala dan punggungnya, karna warna kuningnya pudar jadi aku panggil dia “si Bule”. Sejak awal yang paling aku suka memang sama “si Brownies” ini, karena warna dan tone nya memang agak agak langka. Aku bener bener manjain dia. Tapi ternyata kucing punya sifat bawaan masing masing yang berbeda dan dia termasuk yang tidak manja dan cenderung sangat cuek dibanding yang sibling-nya yang lain.



Sifat kucing yang selain pemalas adalah arogan, terutama untuk kucing jantan. Biasanya disatu rumah sukar sekali untuk mempunyai lebih dari satu ekor kucing jantan, kecuali kalo kamu punya kandang pastinya tidak ada masalah.
Anak anak kucing biasanya cepat sekali akrab dengan anak anak kucing lainnya meskipun itu kucing pendatang. Tetapi untuk kucing dewasa butuh waktu sekitar satu minggu atau lebih untuk bisa saling akrab antara kucing baru dan kucing yang sudah ada.



Karena dirumahku tidak pernah menggunakan kandang, dan akupun lebih senang melihat kucingku bebas pergi kemana dia suka dan kembali kapan saja dia mau, kadang cukup bisa bikin aku memahami karakter setiap kucing yang aku punya.
Misalnya saja si Macho yang sering banget ngeloyor keluar rumah dan pulang hanya untuk makan pagi dan sore trus hobby banget kawin dan berantem, kadang banyak sekali luka di kepala atau ditempat lainnya kalo dia pulang, dan banyak sekali keturunannya dimana mana disekitar daerah rumahku, karna aku bisa lihat dari hasil turunannya, biasanya berwarna seperti dia dan cenderung berbulu bagus. Lain lagi dengan “si Brownies dan si Bule”, kedua kucing jantan ini paling aktif dan lincah banget dan selalu terlihat seru banget kalo lagi main bola atau sekedar kejar kejaran di dalem rumah. Tapi pemandangan seperti itu cuman berlangsung sekitar 5 bulan saja. Setelah itu mereka jadi sama sama dingin dan cenderung seperti jadi musuh, dan puncaknya salah satu dari mereka akhirnya harus terpaksa keluar untuk tidak saling mengganggu daerah territory masing masing. Inilah yang bikin aku sedih banget. “Brownies” akhirnya memilih keluar dari rumahku dan dia cari tempat sendiri. Kadang aku worried kalo dia bisa makan ga yah diluar sana?? Ada orang yang kasih dia makan ga yah?? Yah.. begitulah resiko kalo punya lebih dari satu kucing jantan dirumah kalo tanpa pake kandang.



Sesekali aku suka lihat Brownies lewat depan rumahku dan aku juga lihat ternyata dia sudah punya majikan baru di depan rumahku.
Syukurlah… aku seneng banget ternyata kucing kesayanganku sudah ada yang ngurus dan kasih makan. Kadang kalo dia lewat depan rumah aku suka panggil panggil dia walaupun dia sudah tidak mau lagi masuk ke rumahku aku suka gendong juga untuk masuk dan aku mandiin dia sekedar ngelepas kangenku ama dia, walaupun setelah mandi dan makan dia tetep pergi lagi ke rumah tetangga depan rumah tapi aku seneng bisa gendong dia lagi. Kita pindah cerita dulu untuk sedikit cerita tentang “si Bule”… Lain dengan “si Brownies”, sifat “si Bule” lebih mirip kucing betina, dia tipe penurut dan rumahan, dia setia banget dirumah, walaupun keluar rumah dia tidak pernah lama dan tidak pernah jauh. Setelah “Brownies” pergi, aku baru sadar kalo aku hanya punya satu kucing yang paling setia temenin aku yaitu “si Bule”, dia seperti kucing tunggal dirumahku, karena Yelli pun pergi entah kemana setelah semua anaknya tidak lagi menyusu lagi, dan kedua sibling “si Bule” pun sudah tidak tinggal dirumahku lagi karena ada tetangga yang minta.


Sebenernya tipe kucing seperti ini yang paling aku mau, diam dirumah, manja dan smart dan “Si Bule” sudah pas banget buat aku.
Kadang kalo pintu kamarku ditutup, dan dia tidak boleh masuk, dia cuman nunggu aja dikaca nako sambil tetep liatin aku dikamar yang lagi makan atau ganti baju. “Si Bule” emang temen aku kalo aku lagi makan, kadang makananku selalu sisain buat dia dan kadang dia cuman nunggu dipangkuanku atau sesekali ngeong sambil manjangin lehernya pengen liat isi piring yang aku pegang. Yah.. begitulah kebiasaannya si Bule kalo denger ada orang makan pasti digangguin, tapi aku sih happy banget karna jadi ada yang nungguin. Balik lagi ke si Brownies… dan disinilah cerita sedih ini dimulai.. Beberapa hari sebelumnya aku selalu tanya sama si Mommy apa dia suka liat “Si Brownies” lewat depan rumah ga? Karena aku tiba tiba kangen banget pengen liat dia setelah lebih dari 3 bulan kebelakang aku ga lagi liat dia. Mommy ku jawab: “ Ada sih.., kadang kadang dia lewat, Tapi kalo dipanggil susah banget ” aku langsung seneng karna kali aja dia weekend ini lewat lagi, so aku bisa panggil dan mandiin, karna kalo diluar weekend aku kan ga pernah ada di rumah karena kerja. Selang beberapa hari setelah pertanyaanku tentang “si Brownies” sama mommy-ku, sepulang aku kerja tiba tiba kakakku teriak dari luar rumah manggil manggil aku untuk keluar dan melihat siapa yang ada di pintu gerbang.



Aku seneng banget campur kaget juga karena sore itu si Brownies tanpa susah payah dipanggil dia langsung masuk rumah dan menuju toilet yang memang tempat favorit dia buat B.A.B! FYI: cuman “si Brownies” lah satu satunya kucingku yang biasa masuk toilet buat BAB! Tapi kali ini kayaknya dia kesitu bukan untuk BAB, tapi karena seluruh badanya penuh Lumpur hitam dan baunya bukan main! Sepertinya dia habis nyempling parit dan minta tolong aku untuk mandiin dia.
Itulah yang bikin aku kaget, kenapa badannya sekotor itu, dan jalanya sempoyongan dan susah payah menuju toilet. Sore itu juga aku langsung mandiin dia. Pada saat aku mandiin dia seperti biasa kucing memang suka agak takut kena air dan agak panic denger suara air, dia meronta ronta tapi sepertinya dia sedang sakit karena tenaganya tidak terlalu kuat saat meronta dan suaranya pun agak parau dan badannya kuruuus sekali. Aku mulai berpikir pasti dia sudah diusir dari rumah majikannya yang sekarang dan balik lagi ke rumahku. Tapi ternyata bukan itu setelah dia bersih dan aku coba beri dia makanan tetapi dia tidak sedikitpun menyentuh makanannya padahal aku khawatir sekali dia pasti akan tambah parah sakitnya kalo dia tidak makan. Tapi setelah bersih dia tetep ngotot untuk pergi, aku biarkan dia pergi, yang penting aku dah nolong dia ilangin kotoran di badannya seperti yang dia mau. Tapi keesokan harinya dia kembali dangan keadaan yang makin parah dan semakin kurus. Tapi begitu aku beri makan dia tetep tidak mau. Akhirnya aku hanya bisa memberi dia susu dan air putih dengan menggunakan ‘pipet’ tapi semua itu sudah terlambat karena dia tidak bisa nelan semua itu. Akhirnya dia cuman berbaring dengan nafas yang tipis banget dari situ aku udah bisa prediksi kalo Brownies ga akan bertahan ampe besok. Aku sempet ngomongin ini sama Ade pas aku bangun tidur.. “Dek kayaknya Brownies mati deh”… “Hah??” si ade jawab. “Abang tau dari mana??” Aku ga jawab tapi aku langsung keluar kamar dan pas diluar kamar Mommy-ku bilang: “No.. si Brownies mati..” Aku gak terlalu kaget karena aku memeng udah liat keadaan dia tadi malem emang parah banget. Dari kejadian itu aku cuman bisa nyimpulin kalo kucing juga bisa tau kalo kita itu sayang banget sama dia, walaupun aku ga pernah bisa deket dengan “si brownies” seperti aku deket dengan “si Bule” tapi dia bisa ngerasain kalo aku saying dia, dia lebih milih mati di rumahku ketimbang mati ditempat lain. Walaupun sebelumnya dia lebih milih untuk ninggalin rumah dan punya territory sendiri tanpa terganggu oleh kucing lainnya dari pada tinggal dirumahku yang mesti sharing dengan kucing lainnya. Setelah kejadian itu aku makin saying banget sama “si Bule” karena cuman dia yang mau stay dirumah. Tapi seminggu setelah “si Brownies” mati tiba tiba “si Bule mogok makan, aku ga curiga dia sakit, aku hanya pikir dia pingin ganti menu makanannya saja. Jadi aku tidak begitu khawatir dan tinggal cari aja makanan lain di meja makan dan makanan beku dia dikulkas dikasih buat kucing yang lain saja. Tapi setelah aku rubah sama menu lain ternyata dia tetep ga mau makan dan cuman tiduran aja padahal dia paling suka banget ati ayam tapi malem itu dia ga nyentuh sama sekali makanan itu. Akhirnya aku suapin susu sedikit dan dia pun mau. Cuman tiba tiba saja besoknya dia hilang dan ngga pulang sampe 2 hari. Mommy ku bilang “kucing kalo sakit biasanya suka gitu, keluar cari obatnya sendiri ntar balik juga dah sembuh.” Aku percaya aja sambil tetep aja cemas karena ngilang kayak gini bukan kebiasaannya “si Bule”. Akhirnya di hari ke tiga pagi pagi bener aku udah nyari dia di depan rumah. Ternyata dia ada dihalaman depat dengan keadan persis seperti yang Brownies alamin waktu datang dalam keadaan sakit. Napasnya udah susah dan mulutnya keluar cairan yang aku ga jelas apa. Kakakku bilang mungkin kucingku diracun atau tanpa sengaja makan racun, karna didaerah belakang rumahku banyak sekali tikus yang diracun pake portas, mungkin saja kucing itu makan unpan buat tikus atau makan tikus yang udah diracun! Aku langsung lemes dan pengen nangis rasanya, andai saja si Bule ga ngilang selama 2 hari, aku pasti masih bisa bikin dia sembuh dan tidak seperti pagi itu yang sudah terkapar parah dan ga bisa bergerak. Akhirnya pagi itu “si Bule” mati. Dia mati setelah aku beri minum, dan kali ini aku menyaksikan secara langsung gimana dia mati. Siapa yang ga sedih ditinggal best buddy ever seperti “si Bule” ini. Bule mati sehari sebelum dia berumur tepat 9 bulan dia mati 21 september lalu. Yup, bener banget, mereka lahir pas hari ibu 2005 lalu. “Tompel”… even kamu ga lahir dirumahku tapi thanks banget dah bikin aku happy kalo kamu ada dirumah. Kamu emang seneng banget keluyuran but it`s OK! So long buddy… Buat “Buntel”, aku seneng kamu dah sembuh… aku maklum kalo ada yang nyulik kamu… kamu emang lucu, aku cuman bisa berdoa kamu dapet majikan yang sayang ama kamu. Good bye pals… Till we meet again. I love you all.. Dan hari ini aku kangen banget ama kalian… Tulisan ini buat mengenang kalian.



coba kalian masih idup aku kenalin sama temen temen baru kalian aku kedatangan “Piggo” beberapa hari setelah “Si Bule” mati, Piggo kayaknya sengaja "dikasih" buat aku untuk gantiin “Bule”




Dia cerdas dan manja, persis kayak “Bule” dia bermata oriental dan punya hidung yang gede dan seperti babi.. jadi aku panggil dia “Piggo”.




Dan yang terakhir adalah si charming "Bego", dia sepertinya turunan persia, dengan bulu tebal dan lembutnya dan kelakuannya yangs sedikit tengil dan jail banget bikin semua orang ketawa liat dia.
Tapi karna dia bego, yah... semua orang akhirnya panggil dia "Bego" tapi dia tidak bego kalo untuk urusan maen bola. Dia itu jago nya maen bola!


No comments: