Monday, July 24, 2006

Surat Untuk Kang Dodo

Kuping caplang congean
Jago pasar dari sebrang
Pala botak penuh pitak
Tidak suka sama perempuan
Iiiih


Back to 80`s


Nyeleneh.. Unik.. Smart.. Kadang super Romantis dan Beda.. Mungkin itu sedikit gambaran buat lirik lirik lagu karya Dodo Zakaria.
Kalo soal musiknya…Kayaknya memang ga ada tandingannya dech...
Kerasa ga sih?... Begitu susaaaah banget cari warna musik yang seperti musik pada era-nya Vina Panduwinata (hanya Album 1-4), Utha Likumahua(@ Jackson), Kiki Maria(yang produksi Jackson Record), Dian P.P.(Jackson Record Album 1-2), Titi DJ(album pertama saja ), Lydia & Imaniar (album 1&2) dan artis laennya yang bermusik sejenis ditaun 80an.
Setelah awal 90an semua jenis musik mereka berubah dan cenderung terlalu Nge-pop dan biasa banget.



Contohnya saja Vina yang akhirnya seperti kehilangan kekuatannya dalam memilih lagu2 untuk album album dia berikutnya setelah lepas dari Jackson Record dan prestasi terburuknya adalah terbentuknya group RUMPIES yang hanya mementingkan segi komersilnya saja. Walaupun ada Oddie Agam yang banyak membantu dia selepas dari Jackson, mulai dari album produksi Harpa,Hins,Arca Record,Ceepe, Sony Music dan lainnya tapi tetep aja lagu yang jadi Hits hanya dari ciptaan Oddie dan Fariz saja dan sisanya bukan lagi musik originalnya Vina banged deh..
Vina sudah terlalu identik dengan musiknya Dodo. Apa mungkin perubahan jenis musik di Indonesia ini juga dikarenakan “Hilang”nya Kang Dodo dari perindustrian musik Indonesia? Rasanya memang begitu.
Aku sempat kecewa dengan perubahan jenis musik di album Titi yang kedua yang hampir seluruhnya di buat oleh Jocky S dan tanpa ada campur tangan Kang Dodo disitu dan tentu saja musiknya pun jadi beda. Tapi semuanya terobati setelah Titi bisa menjadi bintang tamu di album Jack Lesmana bersama Indra. Meski hanya 4 buah lagu yang dia bawakan disitu tapi Titi bernyanyi sepenuh hati dan all out banget di album ini. Karakter vocal Titi yang tegas, tinggi dan khas sangat cocok dengan jenis musik ini. Jadi walaupun Titi tidak bisa berlama lama dengan Kang Dodo tapi dia punya guru terbaik yang akhirnya bisa membuat dia menjadi bukan hanya sekedar bisa bernyanyi tapi juga bisa menulis lagu yang baik walau awalnya masih merupakan karya kolaborasi dia dengan Mira & Indra Lesmana. Sayang…Perjalanan musik dia bersama Jack Lesmana (2 album saja) hanya sekedar batu loncatan saja menuju seorang Diva musik Pop. Mungkin musik dia bersama Jack dan Indra kurang begitu popular dan komersil sehingga dia lebih memilih jenis musik yang sekarang. Tapi suara kamu masih tetap aku suka…



Kangen rasanya mendengar kembali lagu lagu pada masa masa itu.
Aku pun sedikit demi sedikit kembali mengumpulkan koleksi lagu lagu itu walau pun aku mesti nongkorong seharian di tukang2 loak daerah cihapit, alun alun dll untuk mencari kembali lagu lagu lama yang sayangnya dulu malah aku buang semua.
Tapi kenapa harus begitu sulit mencari lagu lagu itu kembali?
Sungguh aku ingin Kang Dodo bisa mengerti betapa karya karya dia adalah masterpiece dan betapa banyaknya orang yang masih menunggu karya dia. Paling tidak ada semacam album kompilasi hits dari seorang Dodo Zakaria yang mungkin bisa bikin album kompilasi seperti Baby Face atau David Foster.
Saya tahu pasti tidak mungkin dibuat hanya satu album saja, mengingat karya anda yang begitu banyak.
Tapi jika itu harus dibuat double atau bahkan triple CD pun anda memang pantas menerima penghargaan itu.
Anda adalah sejarah untuk Industri Musik Indonesia!



Tidak banyak artis yang berkesempatan mendapatkan karya karya indah Dodo Zakaria even seorang Ruth Sahanaya saja belum punya kesempatan itu.
Lagu diatas adalah satu satunya lagu dari Nicky Astria yang diciptakan Kang Dodo dari album semata wayang nya Mas Dodo, yang entah kenapa hanya satu!! Hanya Lagu single diatas dan hanya album Nicky Astria yang pertaman saja yang paling keren plus satu lagi single yang berduet dengan Ikang Fauzi di Album Suara Persaudaraan yang menurutku yang paling bagus dan nggaak bikin ilfil dengernya karena musiknya bukan seperti musik rock kebanyakan.
Mungkin “hilangnya” Kang Dodo dikarenakan terlalu sibuk dengan Kariza Productionnya yang dia kerjakan bareng bersama Ria Prawiro (anak mantan mentri itu :P ) yang juga pernah diberi kesempatan bernyanyi di album Catatan Si Boy I yang merupakan karya Kang Dodo juga.
Atau mungkin juga Kaang Dodo terlalu sibuk jadi promotor konser2 nya Inul yang seabreg itu.
Tapi bukan berarti Kang Dodo juga jadi pindah Jalur Musik kan??
I`ll say goodbye kalo sampe jalur musik itu yang Kang Dodo gandrungin sekarang…

6 comments:

Anonymous said...

Kuajak kau kembali...kembali dan kembali..oh ho..sia sia kau ingkari kebenaran yg abadi...

Anonymous said...

Tapi kau tak pernah muncul lagi ..seakan kau telah tenggelam di dasar..bumi..di dasar ...bumi..
OH tuhan bimbinglah diri ini..berilah petunjuk pada hambamuu ini..tolonglah oh TUhan..
tunjukan rumahnya nomor berapa? dijalan apa ? di kota mana? di negri mana? tinggal sama siapa?

oleh TTDJ..cipt dodo zakaria..
diketik dan di nyanyikan ulang2 oleh ANTON TJEUW

Anonymous said...

mas ano..sebenarnya DODO ZAKARIA itu mengeluarkan album ke2- DODO duet Plus...dimana dia menggandeng lebih banyak lagi artis penyanyi ngetop..spt : KIKI MARIA+jessirobot (Bingung)
FARIZMALYDAATIKCB (Kusadari)
VONNY+UTHA (PERCAYALAH) dan YOPIELATUL-ANDIMERRIEM (JUMPALAGI)
EUIS DARLIAH + EMILIA CONTESSA (rock buat pertiwi) lagu terakhir ini sangat DIVA sekaliiii... dan memang dinyanyikan oleh dua RATU DIVA SINGA INDONESIA

mas dodo..kapan dunk...album bestnya keluar? tapi aku seneng kok koleksi-ku lengkap !

anton
tjeuw@hotmail.com

anuneano said...

Bener banget mas anton...
Tapi kan Kang dodo gak ada dialbum duet plus.. bener ga??
Seperti catatan si boy I juga begitu. Makanya aku bilang album dodo itu cuman semata wayang karna memang cuman di album Mallisa saja Kang Dodo bernyanyi...
Selain itu album2 lainnya kan hanya sebagai arranger dan pencipta saja.
Aaaah.. mudah2an dia bikin kompilasi biar kayak David Foster dan Baby face yah Kang....
Thanks Anton... Setia banget baca Blogs ku

Yenny said...

Kang Dodo sekarang terbujur lemas di Lantai 3 Ruang ICU RS Cinere. Disaat begini, tentunya bisikan doa dari teman2 akan sangat banyak manfaatnya untuk Kang Dodo.

anuneano said...

Miss u much lagu lagu kang Dodo :(

RIP kang... doa kita semua yg terbaik buat akang disana, makasih karya2nya